Abu Fawaid

Profile :
Ini adalah kisah seorang pejuang shalawat yang akrab disapa ABU FAWAID yang memiliki nama asli EMAN SULAEMAN. Kesehariannya dia adalah seorang guru disebuah sekolah swasta diwilayah sepatan tangerang, dia juga mengasuh sebuah Lembaga Pendidikan dan Tahfizh Al qur’an dirumahnya tepatnya didesa Lebak Wangi Sepatan Timur Tangerang Banten.

Lelaki kelahiran Tangerang 31 Mei 1978 ini memulai kebiasaannya menciptakan lagu religi khususnya shalawat mulai tahun 2006 tatkala ditengah gegap gempitanya lagu religi islam justru lagu religi bergenre shalawat kehilangan eksistensinya dibelantika musik islam Indonesia, padahal shalawat pernah BOOMING dimasa Haddad Alwi dan Sulis, Mayada, Wafiq Azizah dll.

Alumni pesantren tebuireng ini berpikir, mungkin masyarakat bosan karena shalawat yang disuguhkan itu itu saja, paling beda penyanyi dan aransement musiknya saja, kebanyakan shalawat disuguhkan dengan nada lagu lagu yang sudah ada, jarang dengan lagu ciptaannya sendiri. Perhatikan ada berapa ratus penyanyi/group shalawat, mereka berkutat pada shalawat itu-itu saja, dengan nada yang itu-itu saja, atau paling-paling menggunakan nada lagu orang lain yang sedang trend seperti yang pernah dilakukan oleh UJE dengan lagu JABLAY.

Para musisi islam kurang berani bereksplorasi dengan lagu shalawat. untuk itu Abu fawaid menciptakan 130an lagu religi dengan bahasa Indonesia dan shalawat, namun dia tidak ingin kaku dalam irama musik, bagi Abu Fawaid, tidaklah harus lagu besyair arab selalu dengan musik Arabic seperti kasidah, gambus atau marawis. Dia membawa shalawat dengan irama Reggae, Rock, Jazz, Pop, R&B dan lain lain. Bisa dibilang, langkah abu fawaid ini adalah satu-satunya di indonesia bahkan di dunia.

Ternyata lagu lagu Abu Fawaid cukup mendapat respon positif dari masyarakat yang menunggu sebuah revolusi dalam musik shalawat khususnya.

Untuk lebih berkreasi lagi Abu Fawaid bekolaborasi dengan anak anak band menggarap lagu DILLUNI dengan genre reggae. Walau pada saat ini lagu-lagu karya abu fawaid belum diterima oleh label musik indonesia dengan alasan tidak komersial, namun dia yakin ini bisa menjadi Trend Setter dalam musik religi islam kedepannya khususnya shalawat. dan seperti biasa di Indonesia, apabila ada yang sedang trend maka semua rame-rame mengekor dan membuntuti.

More info :
facebook

1st time di IndieZone :
27 April 2011

Song(s) @ IndieZone :
Abu Fawaid – Dilluni (3:37)
bu Fawaid – Ngaku Ngaku (3:57)

[Back to IndieZone]

Filed Under: IndieZone